Pages

Sabtu, 23 Maret 2013

Sukawati yang Membesarkanku

Hmm, sebenernya ane gak suka nulis, tp karena gak ada kerjaan malam ini ane beranikan diri untuk coba nulis lagi di blog renta ini. Mau nulis apa om? Nah, itu dia masalahnya, gak tau mau nulis apa,..... Tapi seketika inget sama kampung halaman, yaudah ane mau tentang selukbeluk kampung halaman ane, pokoknya semua tentang ini desa indah dimana ane dibesarkan. SUKAWATI! begitulah orang-orang sering menyebut desa ane. Desa ane terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Nah, mengenai sejarahnya, dulu ane pernah diceritakan oleh Kakek (alm) ane, beliu bercerita katanya jaman dulu hidup seorang Balian (orang pintar) bernama Ki Bali Batur bersama keluarganya di tepi pantai Ketewel, Ki Balian Batur ini amat sakti, hingga suatu hari dia menyerang penduduk Rangkan karena salah satu masyarakatnya telah menghina anak dari Ki Balian Batur. Dengan kesaktiaannya Ki Balian Batur berhasil membunuh hampir separuh penduduk Rangkan, hingga akhirnya berita tersebut didengar oleh raja Mengwi pada saat itu. Diutuslah prajuritnya untuk membunuh Ki Balian Batur, tapi apa daya dengan kesaktian yang dimiliki Ki Balian Batur semua prajurit kerajaan Mengwi berhasil dikalahkan. Hingga suatu hari ada berita bahwa Ki Balian Batur hanya dapat dikalahkan oleh senjata sakti milik kerajaan Klungkung. Berbekal berita tersebut raja Mengwi meminjam senjata tersebut pada raja Klungkung sampai akhirnya Ki Balian Batur berhasil dikalahkan. Mulai saat itu raja Mengwi membangun kembali desa tersebut yang berpusat di Penataran Agung, dan seiring berjalannya waktu desa tersebut di juluki Sukahati karena banyak pendatang yang singgah mengaku senang hati singgah di desa tersebut. Dan dengan penyempurnaan bahasa lahirlah desa yang kini disebut Sukawati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About